Selasa, 27 November 2012

Pengertian Cloud System


Pengertian Cloud System

       Cloud computing adalah merupakan model komputasi dimana sumber daya seperti daya komputasi, media penyimpanan (storage), jaringan (network) dan software dijalankan sebagai layanan melalui media jaringan, bahkan dapat diakses di tempat manapun selama terkoneksi dengan internet. Dalam hal ini untuk dapat membangun jaringan cloud computing sederhana dapat di lakukan pada jaringan local/intranet. Banyak sekali software yang berbasis open source terutama GNU/Linux mendistribusikannya sebagai basis server cloud computing dan virtualisasi, salah satunya proxmox. Menjadi salah satu solusi untuk membangun sistem komputasi yang handal dan dapat di manfaatkan dimanapun.

         Perkembangan IT saat ini menuju dengan konsep-kosenp social networkingnya, openess, share,
colaborations, mobile, easy maintenance, one click, terdistribusi / tersebar, scalability, Concurency dan Transparan, Saat ini terdapat trend teknologi yang masih terus digali dalam penelitian-penelitian para pakar IT di dunia, yaitu Cloud Computing. Akses data dari mana saja dan menggunakan perangkat fixed atau mobile device menggunakan internet cloud sebagai tempat menyimpan data, applications dan lainnya yang dapat dengan mudah mengambil data, download applikasi dan berpindah ke cloud lainnya, hal ini memungkinkan kita dapat memberikan layanan aplikasi secara mobile di masa depan.

         Trend ini akan memberikan banyak keuntungan baik dari sisi pemberi layanan (provider) atau dari sisi user. Trend saat ini adalah dapat memberikan berbagai macam layanan secara teristribusi dan pararel secara remote dan dapat berjalan di berbagai device, dan teknologinya dapat dilihat
dari berbagai macam teknologi yang digunakan dari proses informasu yang dilakukan secara otsourching sampai dengan penggunaan eksternal data center. Cloud Computing merupakan model yang memungkinkan dapat mendukung layanan yang disebut ”Everything-as-a-service”
(XaaS) . Dengan demikian dapat mengintegrasikan virtualized physical sources, virtualized infrastructure, seperti juga sebaik virtualized middleware platform dan aplikasi bisnis yang dibuat untuk pelanggan didalam cloud tersebut.

Keuntungan Cloud System

v Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya.
v Membuat lebih eglity, dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat.
v Membuat operasional dan manajemen lebih mudah, dimungkinkan karena system pribadi atau perusahaan yang terkoneksi dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.

v Menjadikan kolaborasi yang terpecaya dan lebih ramping.


v Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan reliability dan kritikal sistem informasi yang kita bangun.


Struktur Cloud System


            Namun tidak semua layanan yang ada di internet bisa dikategorikan sebagai Cloud Computing, ada setidaknya beberapa syarat yang harus dipenuhi :
v Layanan bersifat “On Demand”, pengguna dapat berlangganan hanya yang dia butuhkan saja, dan membayar hanya untuk yang mereka gunakan saja. Misalkan sebuah sebuah internet service provider menyediakan 5 macam pilihan atau paket-paket internet dan user hanya mengambil 1 paket internet maka user hanya membayar paket yang diambil saja.

v Layanan bersifat elastis/scalable, di mana pengguna bisa menambah atau mengurangi jenis dan kapasitas layanan yang dia inginkan kapan saja dan sistem selalu bisa mengakomodasi perubahan tersebut. Misalkan user berlangganan internet pada yang bandwitchnya 512Kb/s lalu ingin menambahkan kecepatannya menjadi 512Kb/s kemudian user menelpon costumer service meminta untuk penambahan bandwitch lalu customer service merespon dengan mengubah bandwitc menjadi 1Mb/s.

v Layanan sepenuhnya dikelola oleh penyedia/provider, yang dibutuhkan oleh pengguna hanyalah komputer personal/notebook ditambah koneksi internet.


Model Cloud Berdasarkan Infrastruktur

 Public Cloud
Public Cloud merupakan sebuah model layanan cloud yang disediakan oleh provider dan ditujukan untuk layanan public/masal. Mekanisme public cloud adalah sebuah utilitas berbasis bayar yang disesuaikan dengan penggunaan. Resources dari cloud ini dihosting ditempat penyedia layanan, mulai dari aplikasi hingga media penyimpanan/ storage. Contoh dari public cloud yang popular adalah Amazon AWS(EC2, S3,dll). Rackspace Cloud Suite, dan Microsoft’s Azure Services Platform.

 Private Cloud
Private Cloud dibangun, dioperasikan dan dikelola oleh sebuah organisasi untuk perusahaan penggunaan internal untuk mendukung operasi bisnis nya secara eksklusif. Mulai dari masyarakat umum, perusahaan swasta hingga organisasi pemerintah diseluruh dunia yang mengadopsi model ini untuk mengeksploitasi manfaat cloud seperti fleksibel, pengurangan biaya, kecepatan, dan sebagainya.

 Community Cloud
Community cloud terbagi menjadi beberapa organisasi dan mendukung komunitas tertentu yang telah berbagi kepentingan misalnya misi, persyaratan keamanan, kebijakan dan pertimbangan. Community cloud  dikelola oleh sebuah organisasi atau pihak ketiga dan mungkin oleh anggota aktif. Salah satu contoh dari Community Cloud adalah OpenCirrus , yang dibentuk oleh HP, Intel, Yahoo dan lainya.

Hybrid Cloud
Hybrid Cloud merupakan infrastruktur yang terdiri dari dua atau lebih cloud ( Private , Community, atau Public). Jadi  Hybrid Cloud adalah infrastruktur cloud berupa gabungan dari beberapa cloud yang ada.


2 komentar: